Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Opini: Hadapi Kontroversi Corona, Ini Strategi Manajemen Berdakwah

Penulis: Nuraini (Mahasiswa Manajemen Dakwah) Seperti yang kita ketahui bahwa dunia saat ini sedang dalam keadaan tidak membaik, dikar...


Penulis: Nuraini (Mahasiswa Manajemen Dakwah)
Seperti yang kita ketahui bahwa dunia saat ini sedang dalam keadaan tidak membaik, dikarenakan adanya covid-19  yang menyebar di berbagai negara sehingga menyebabkan banyak nyawa yang terancam. Covid-19 merupakan virus yang sangat berbahaya karena dapat menyerang manusia tanpa sepengetahuannya dan tanpa gejala terlebih dahulu.
Virus ini menjadi wabah yang tidak bisa disepelekan. Dan virus tersebut telah menghambat segala aktivitas yang dilakukan diluar rumah. Perkumpulan massa dalam jumlah besar telah dihentikan untuk menghindari proses penularan. Seperti,sekolah, kampus, tempat hiburan, dan termasuk diantaranya aktivitas ibadah seperti shalat berjamaah di Masjid. Salah satu kontraversi di kalangan ummat islam adalah dengan adanya larangan untuk melakukan aktivitas shalat berjamaah di Masjid yang menyebabkan terjadinya kontraversi antara sesama ummat islam tersebut, karena ada yang tidak menyetujui akan hal tersebut dan kontraversi tersebut pun telah merebak di berbagai media sosial.
Adapun strategi manajemen dakwah dalam menghadapi kontraversi dikalangan ummat islam yaitu dengan melihat dari sisi manajemennya itu sendiri, dimana manajemen ini merupakan seni dalam mengaplikasikan setiap fungsi-fungsi manajemen itu sendiri seperti merencanakan, mengorganisasikan,  mengendalikan, mengaktualisasikan, dan pengevaluasian. Jadi disini kita harus benar-benar  mengaplikasikan fungsi-fungsi tersebut dengan baik agar kita dapat terhindar dari virus tersebut. Kemudian jika dilihat dari sisi dakwahnya itu sendiri berarti perlu adanya kita saling mengingatkan kepada orang-orang terdekat kita serta seluruh masyarakat jika belum mematuhi dan memahami bahwa betapa berbahayanya wabah tersebut, dan cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan suatu pemahaman yang lebih mudah dipahami atau dengan mengangkat sebuah contoh yang lebih mudah dicerna sehingga akan mempermudah untuk dipahami. Selain itu, ummat terus berdoa semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt. Karena doa merupakan hal yang paling penting dan doa tanpa usaha itu juga sia-sia, maka terus berdoa dan ikhtiar.
Virus corona kecil tak terlihat namun mematikan, oleh kerena itu kita harus tetap waspada dan mematuhi segala peraturan yang ada serta membiasakan mencuci tangan, menjaga kebersihan dan terus berdoa, karena doa bisa membuat segalanya menjadi mungkin. Maka dari itu kita harus terus berdoa semoga dunia ini cepat sembuh dan penyakit ini cepat pergi dari bumi ini.


Tidak ada komentar