Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare menggelar kegiatan Workshop Digital Marketing yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu dari tan...
Program Studi
Manajemen Dakwah IAIN Parepare menggelar kegiatan Workshop Digital Marketing
yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu dari tanggal 21 sampai dengan 22
November 2024. Workshop yang dilaksanakan di lantai 5 gedung perpustakaan IAIN
Parepare dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab
dan Dakwah, Dr. A. Nurkidam. M.Hum didampingi oleh Ketua Program Studi
Manajemen Dakwah IAIN Parepare, Muh. Taufiq Syam, M. Sos.
Dalam sambutanya
Dekan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menyampaikan apresiasi
terhadap kegiatan tersebut kepada Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare
yang telah menginisiasi dilaksanakannya Workshop Digital Marketing sebagai
salah satu upaya yang dilakukan Prodi dalam membekali para mahasiswa kecakapan
dan keterampilan dalam memanfaatkan media digital sebagai media promosi dan
pemasaran yang efektif di era sekarang ini.
Workshop Digital
Marketing yang diikuti sebanyak 60 orang mahasiswa dari Program Studi Manajemen
Dakwah semester 1, 3 dan 5. Pada kegiatan workshop tersebut, dihadirkan tiga
narasumber yang berasal dari kalangan praktisi. Narasumber pertama berasal dari
BAZNAS Kota Parepare, yang diwakili oleh Ayu Alifkah, S.E yang menyampaikan
materi tentang Kesadaran Berzakat di Kalangan Mahasiswa dan Strategi
Fundarising BAZNAS melaui Media Digital. Narasumber kedua owner CV. MADIA NURA
HARJA (Dilike Interior Makassar), Alfian Nur Rizky M.D yang menyampaikan materi
tentang Manajemen Usaha Kreatif Bidang Desain Interior dan Strategi Analisis
Swot Pemasaran Media Digital. Narasumber ketiga, owner Lakupa Studio Photography Makassar, Ridwan
Saharuddin yang menyampaikan materi tentang Manajemen Strategi Pemasaran
Digital dan Peluang Usaha Kreatif Bidang Video dan Photography bagi Mahasiswa.
Para peserta
sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan workshop digital marketing
tersebut, hal ini terbukti dengan tingginya antusias dari para peserta untuk
memberikan pertanyaan kepada para narasumber di setiap sesi tanya jawab.
“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan workshop digital marketing yang dilaksanakan oleh Prodi Manajemen Dakwah, karena dalam kegiatan ini kami mendapat banyak pengetahuan dan informasi tentang bagaimana melihat peluang usaha yang cocok untuk generasi milineal seperti kami ini dan pemanfaatan media digital secara maksimal dalam mempromisikan usaha”, kata Syamsul Ilmi, selaku Ketua HMPS Manajemen Dakwah dan peserta workshop.
“Kisah inspiratif dari para narasumber yang memulai usaha dari modal ratusan ribu sampai alat ini telah mampu menghasilkan omzet hingga puluhan bahkan ratusan juta per bulan, terlebih salah seorang narasumber merupakan seorang eks-narapidana yang mampu bangkit untuk merintis usaha di bidang photography. Hal ini sangat memotivasi kami bahwa berusaha hanya perlu semangat, doa dan komitmen yang teguh” tambahnya.
“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan workshop digital marketing yang dilaksanakan oleh Prodi Manajemen Dakwah, karena dalam kegiatan ini kami mendapat banyak pengetahuan dan informasi tentang bagaimana melihat peluang usaha yang cocok untuk generasi milineal seperti kami ini dan pemanfaatan media digital secara maksimal dalam mempromisikan usaha”, kata Syamsul Ilmi, selaku Ketua HMPS Manajemen Dakwah dan peserta workshop.
“Kisah inspiratif dari para narasumber yang memulai usaha dari modal ratusan ribu sampai alat ini telah mampu menghasilkan omzet hingga puluhan bahkan ratusan juta per bulan, terlebih salah seorang narasumber merupakan seorang eks-narapidana yang mampu bangkit untuk merintis usaha di bidang photography. Hal ini sangat memotivasi kami bahwa berusaha hanya perlu semangat, doa dan komitmen yang teguh” tambahnya.
Pada kegiatan
ini, turut dirangkaian dengan penandatangan kerjasama dengan para entrepreneur
yang diundang sebagai narasumber. Muh. Taufiq Syam, M. Sos selaku Ketua Program
Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare, menyampaikan bahwa kegiatan ini
diharapakan dapat memberikan bekal pengatahuan kepada para mahasiswa, khususnya
mahasisiwa Prodi Manajemen Dakwah.
“Selain memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa terkait strategi yang tepat untuk memulai dan menjalankan usaha sejak dini melalui pelatihan pembuatan bisnis plan berbasis media digital yang relevan dengan kondisi saat ini, tujuan dari kegiatan ini juga untuk menjalin kerjasama dalam bentuk MoA dengan para entrepenur ini di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam rangka pelaksanaan kegiatan MBKM dan PPL mahasisiwa” ucapnya.
“Selain memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa terkait strategi yang tepat untuk memulai dan menjalankan usaha sejak dini melalui pelatihan pembuatan bisnis plan berbasis media digital yang relevan dengan kondisi saat ini, tujuan dari kegiatan ini juga untuk menjalin kerjasama dalam bentuk MoA dengan para entrepenur ini di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam rangka pelaksanaan kegiatan MBKM dan PPL mahasisiwa” ucapnya.
Workshop ini
ditutup secara resmi oleh Ketua Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare
yang diragkaikan dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama dengan para
narasumber dan peserta workshop.
Tidak ada komentar