Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Opini: Strategi Manajemen Dakwah Menghadapi Virus Covid-19

Penulis: Icha Nurfatma (Mahasiswa Manajemen Dakwah) Di tengah merebaknya wabah Corona ( Covid-19 ) ke seluruh dunia tak terkecuali ...


Penulis: Icha Nurfatma (Mahasiswa Manajemen Dakwah)

Di tengah merebaknya wabah Corona ( Covid-19 ) ke seluruh dunia tak terkecuali di negeri kita ini, tentu membawa dampak yang sangat luas bagi aspek kehidupan yang sangat luas terutama bagi aspek kehidupan keseharian. Aspek kehidupan yang tak dapat dinafikan keberlangsungannya, yakni keterkaitan antara pasien Covid-19 dengan para tenaga medis atau tenaga kesehatan.

Dalam hal ini tentu sebagai ummat muslim juga harus senantiasa berdoa dan berikhtiar agar tidak terkena wabah Covid-19 ini. Adapun beberapa strategi manajemen dakwah dalam menghadapi kontraversi dikalangan ummat Islam efek virus Corona ( Covid-19 ) antara lain: :
1. Pola hidup sehat
    Salah satu pola hidup sehat adalah makanan, Allah SWT telah berfirman:

“Makanlah oleh kalian rezeki yang halal lagi baik yang telah Allah karuniakan kepada kalian” (TQS. An-Nahl [16]: 114)

Kebanyakan wabah penyakit menular biasanya ditularkan oleh hewan (zoonosis). Islam telah melarang hewan apa saja yang tidak layak dimakan. Dan hewan apa saja yang halal dimakan. Apalagi sampai memakan makanan yang tidak layak dimakan, seperti kelelawar. Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang, mengisi perut dengan 1/3 makanan, 1/3 air dan 1/3 udara, termasuk kaitannya dengan syariah puasa baik wajib maupun sunnah.

    Kemudian pola hidup sehat dengan olahraga, dalam Islam olahraga yang paling afdhol adalah shalat, dengan beberapa gerakan-gerakan didalam shalat dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh

     Terakhir yang tak kalah pentingnya dalam pola hidup sehat adalah dengan menjaga kebersihan

"Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, Maha Bersih dan mencintai kebersihan. Maha Mulia dan mencintai kemuliaan. Karena itu bersihkanlah rumah dan halaman kalian dan janganlah kalian menyerupai orang-orang Yahudi” (HR. At Tirmidzi dan Abu Ya’la)

Telah disampaikan bahwa menjaga kebersihan dan keindahan merupakan suatu hal yg sangat penting untuk pencegahan segala macam wabah penyakit termasuk covid-19.

2. Metode karantina / isolasi

Dalam sejarah, wabah penyakit menular sudah terjadi pada masa Rasulullah SAW. Wabah tersebut adalah kusta yang menular dan mematikan dan belum ada obatnya. Untuk mengatasi wabah tersebut salah satu upaya Rasulullah adalah dengan menerapkan karantina atau isolasi terhadap penderita. Ketika itu Rasul memerintahkan untuk tidak dekat-dekat atau melihat para penderita kusta tersebut.

3. Selalu senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meminta perlindungan dan pertolongannya agar kita terhindar dari segala macam wabah penyakit termsuk covid 19.



Tidak ada komentar